Indonesia Kutuk Serangan Israel ke Kapal Mavi Marmara

Pemerintah Indonesia mengutuk keras serangan tentara Israel terhadap rombongan kapal Mavi Marmara yang berlayar membawa misi kemanusiaan menuju Gaza. Pemerintah juga siap bekerjasama dengan dunia internasional untuk memastikan Israel bertanggung jawab atas aksi penyerangan ini.

“Kita mengutuk Israel. Kita mengecam serangan-serangan Israel,” kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (31/5/2010).

Marty menambahkan, pemerintah akan bekerjasama dengan dunia internasional untuk memastikan Israel bertanggung jawab. Pemerintah akan mengajak negara-negara Nonblok dan negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk memastikan Israel bertanggung jawab sebab Israel dinilai telah menumbuhkan tindakan yang menghambat teciptanya perdamaian.

Pemerintah juga akan berkordinasi secara bilateral dengan Palestina dan secara multilateral dengan PBB.

“Amat jelas Israel melanggar hukum internasional. Blokade Israel terhadap Gaza merupakan pelanggaran hukum internasional. Tidak ada dasar untuk menyergap atau memblokade kapal di wilayah Gaza,” terang Marty.

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2010/05/31/170606/1366904/10/menlu-ri-kutuk-serangan-israel-ke-kapal-mavi-marmara

Comments