Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

Beberapa tahun belakangan ini, minat masyarakat terhadap mobil bekas semakin tinggi. Karena kualitas mobil bekas yang terawat tidak kalah baik bila dibandingkan dengan mobil baru. Harganya pun lebih terjangkau sehingga tidak membebani kondisi finansial kita.

Kendati pasar mobil bekas semakin beragam dan menggiurkan, bukan berarti kita boleh sembarangan saat memilihnya. Kita harus tetap memperhatikan hal-hal penting ini sesaat sebelum membeli mobil bekas :

Jangan Lupa Melakukan Test Drive

Test drive adalah syarat utama yang mesti kita penuhi sebelum membeli mobil bekas. Cobalah menggunakan mobil yang ingin kita beli untuk berkeliling selama beberapa saat. Usahakan untuk mengendarai mobil atau menyalakan mesinnya minimal setengah jam. Karena masalah mesin mobil kerap kali timbul setelah mesin dioperasikan dalam waktu agak lama. Hal ini akan membuat kita terhindar dari risiko membeli mobil bekas yang mesinnya sudah mengalami kerusakan.

Sistem Kelistrikan Tak Kalah Penting

Kita juga wajib mengecek sistem kelistrikan mobil sesaat sebelum memutuskan pilihan. Pastikan bahwa mobil bekas yang akan kita beli tidak mengalami masalah pada aki, sistem lampu, starter, dan komponen lainnya yang berhubungan dengan kelistrikan. Hal ini akan membuat mobil jadi mudah dioperasikan dan nyaman dikendarai dalam waktu lama.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil BekasPerhatikan Kondisi Ban Mobil

Ban mobil yang sudah lama diganti tentu akan bertekstur licin dan membahayakan keselamatan kita sewaktu berkendara. Untuk mengantisipasi hal ini, jangan lupa memperhatikan kondisi ban mobil bekas sebelum kita membelinya. Kita bisa menawar harga mobil bekas agar menjadi lebih rendah kalau kondisi ban mobilnya sudah tidak memadai.

Kepemilikan Asuransi Mobil

Mobil bekas berkualitas biasanya dilengkapi dengan kepemilikan asuransi mobil yang bagus. Kalau mobil bekas yang akan kita beli dilengkapi dengan kepemilikan asuransi, maka kita patut mengurus peralihan asuransi tersebut. Supaya kita tetap bisa mendapatkan proteksi asuransi walaupun membeli mobil bekas. Pastikan bahwa perusahaan asuransi sudah mengetahui peroses peralihan kepemilikan mobil setelah kita membeli mobil bekas tersebut.

 

Kalau mobil bekas belum dilengkapi asuransi, maka kita bisa memilih asuransi mobil yang bagus dan murah untuk memproteksi mobil tersebut. Maka mobil bekas pun akan tetap terawat dan aman dari risiko kerusakan jika kita sudah membekalinya dengan asuransi berkualitas.

 

Usai membaca ulasan ini, pasti kita tak lagi ragu membeli mobil bekas. Sebab kita bisa memilihnya secara teliti.