Google Buzz Nyontek Yahoo?

Sambutan terhadap Google Buzz tergolong meriah di internet meski layanan semacam itu sebenarnya bukan hal baru. Yahoo! bahkan sudah menyediakan fitur serupa di layanan emailnya sejak 1,5 tahun lalu.

“Hal seperti itu sudah hampir 1,5 tahun sejak Yahoo pertama kali mleuncurkan Yahoo Updates, fitur sosial yang memungkinkan orang berbagi ststus, konten, dan aktivitas online, dan tetap terhubung dengan apa yang sedang dilakukan teman dan keluarganya di Yahoo maupun web lainnya,” demikian pernyataan Yahoo menanggapi kehadiran Google Buzz seperti dilansir PC World.

Salah satu komponen di Yahoo Updates diberi nama Yahoo Buzz, layanan pemeringkat update informasi dan cerita yang mulai tersedia sejak November 2008. Layanan ini menyediakan fitur bari pengguna Yahoo!Mail untuk berbagi foto, mengubah status, menulis cerita, atau review barang atau jasa.

Meski namanya dijiplak Google, Yahoo tidak merespon saat ditanya apakah akan menggugat hal tersebut. Sebaliknya, Yahoo malah melihat hal tersebut keuntungan baginya karena bisa mendongkrak layanannya yang kini sudah menjalin kerja sama dengan 200 layanan online baik miliknya maupun bukan seperti Flickr, Twitter, dan Yelp.

Nah, bagaimana akhir cerita persaingan fitur jejaring sosial ini? Yahoo makin terkenal atau digilas Google? Atau malah dua-duanya tenggelam di antara popularitas Facebook dan Twitter?

 

Comments