Foto dan Video Spektakuler Tumbukan Dua Galaksi

Tumbukan Dua Galaksi Foto dan Video Spektakuler Tumbukan Dua Galaksi

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis foto dan video spektakuler tumbukan dua galaksi.

Disebut sistem Galaksi Antennae karena bentuknya seperti antrena. Ia terletak di 62 juta tahun cahaya dari Bumi — disajikan dalam gambar komposit dari Observatorium Chandra X-ray (warna Biru), teleskop Hubble (warna emas), dan teleskop Spitzer (warna merah).

Tumbukan yang terjadi sejak lebih dari 100 juta tahun lalu ini memicu pembentukan jutaan bintang di awan — yang terbentuk dari debu dan gas — di galaksi. Yang terbesar dari bayi bintang ini telah melampaui evolusi mereka dalam beberapa juta tahun meledak sebagai supernova.

Gambar X-ray dari Chandra menunjukkan awan besar yang panas, gas interstellar — yang telah disuntik dengan unsur yang kaya dari ledakan supernova. Gas ini kaya dengan elemen seperti oksigen, besi, magnesium, dan silikon — yang akan digabungkan ke dalam unsur bintang atau planet baru.

Sementara, titik-titik terang dalam gambar disebabkan materi yang jatuh ke dalam lubang hitam (black hole) dan
juga neutron dari sisa-sisa bintang besar. Beberapa lubang hitam diperkirakan memiliki massa yang hampir seratus kali Matahari.

Sedangkan data dari Spitzer menunjukkan cahaya inframerah dari awan debu hangat yang telah dipanaskan oleh bintang-bintang yang baru lahir — dengan awan yang melayang berada di tengah dua galaksi.

Data Hubble menggambarkan bintang tua berwarna merah, filamen debu dalam warna cokelat, dan bintang-bintang yang baru lahir berwarna kuning dan putih. Objek redup dalam gambar optik adalah kelompok yang berisi ribuan bintang. (sj)• VIVAnews

Foto dan Video Spektakuler Tumbukan Dua Galaksi

Tumbukan Dua Galaksi Foto dan Video Spektakuler Tumbukan Dua Galaksi53932

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

5 Responses

  1. Seminyak villaOctober 20, 2010 at 09:22Reply

    subahannallah…
    ternyata di luar sana masih banyak ciptaan Alllah yang sangat menakjubkan dan masih belum kita ketahui….
    subahannallah..maha besar Allah…

  2. singapore escortsJanuary 14, 2011 at 09:04Reply

    I am impressed! Blog low-down posted here is absolutely my friend. I justifiable after to say hide up with comments and prominence work. IE browser bookmarks to your blog just with it, I l light on pursuing to see my friends more in the future! The color of the layout is not rotten, it is elementary on the eyes.

  3. syarif hidayatullahFebruary 23, 2011 at 09:18Reply

    Sungguh agung ciptaan mu ya ALLAH …..

  4. Penulis ArtikelFebruary 24, 2011 at 14:50Reply

    Apa ini fenomena yang betul-betul nyata atau bagaimana? susah untuk dipercaya. dunia ini betul-betul ajaib. semua adalah keagungan tuhan yang kuasa.

  5. Penulis ArtikelJune 10, 2011 at 13:36Reply

    Luar biasa, sungguh bukti kekuasaan tuhan yang tak terbantahkan

Leave a Reply

Current ye@r *

CommentLuv badge
 

Hot Newsclose