Fitur-fitur Baru di iPhone 4

Lupakan kasus prototipe iPhone anyar yang ditemukan di toilet sebuah bar. Pada akhirnya iPhone 4 itu akan segera dikonsumsi publik. Pada Senin lalu, ponsel pintar itu secara resmi diluncurkan dan mulai dikapalkan pada 24 Juni mendatang.

Tak tanggung-tanggung, Apple menanamkan lebih dari 100 fitur baru di dalam ponsel yang akan dijual dalam varian hitam dan putih itu. Namun, pada peluncuran di Konferensi Pengembang Apple Sedunia di San Francisco, Steve Jobs menggarisbawahi sembilan fitur penting.

Perubahan paling nyata tampak pada tubuhnya. iPhone 4 memakai material kaca di bagian muka dan belakang. Di sudut-sudutnya ada “pita” dari baja stainless yang merupakan bagian dari sistem antena.

Ini pertama kalinya vendor ponsel mengintegrasikan antena Bluetooth, Wi-Fi, GPS, UMTS, dan GSM pada struktur ponsel. “Ini belum pernah dilakukan sebelumnya,” kata Jobs.

Ponsel ini memiliki tebal 9,3 milimeter atau 24 persen lebih tipis daripada pendahulunya, iPhone 3GS. Layar 3,5 incinya beresolusi 960 x 640 piksel, empat kali lebih besar ketimbang milik 3GS.

Agar piksel bisa bertambah pada ruang yang tak berubah, Apple memakai teknologi bernama layar retina. Teknologi ini meningkatkan kualitas tampilan layar sehingga lebih tajam dan jernih.

Pada saat sebuah perangkat berada pada jarak 10-12 inci dari mata, retina mata manusia tak bisa membedakan piksel yang lebih dari 300 ppi. Pada titik itu, segala sesuatu tampak lebih mengalir dan teks terlihat seperti pada buku cetak yang bagus.

Layar ini juga telah memakai LCD yang lebih maju dengan teknologi IPS. Menurut Jobs, IPS lebih bagus ketimbang OLED karena warnanya lebih akurat dan resolusinya lebih bagus.

Layar OLED memang terkenal untuk penghematan energi. Namun, untuk iPhone 4 ini, Jobs menjanjikan tenaga baterainya akan lebih lama 40 persen saat berbicara pada jaringan 3G, enam jam untuk berselancar di Internet 3G, 10 jam untuk Wi-Fi, 40 jam untuk mendengarkan musik, dan 300 jam standby.

Ponsel ini memiliki kamera 5 megapiksel dengan lampu LED di bagian belakang dan sebuah kamera di muka. Kamera ini bermanfaat untuk sebuah fitur baru bernama FaceTime.

FaceTime memungkinkan panggilan video melalui Wi-Fi di antara dua iPhone 4. FaceTime bisa diakses dengan kamera di muka atau belakang dan bisa ditampilkan dalam moda lanskap atau portrait.

Jobs juga menjelaskan soal aplikasi penyunting video bernama iMovie. Dengan aplikasi berbanderol US$ 4,99 dari toko App Store memungkinkan pengguna menyunting klip atau merekam langsung.

Kamera yang mampu melakukan pembesaran lima kali itu juga mampu merekam video definisi tinggi 720 piksel dengan kecepatan 30 frame per detik. Rekaman ini bisa diekspor ke ukuran lebih kecil, yaitu 360 dan 540, atau tetap 720 piksel.

Apple memperkenalkan gyroscope yang berhubungan dengan accelerometer yang menghasilkan sensor gerak enam sudut, termasuk miring atau berotasi saat tubuh kita memutar. Ada pula sensor untuk kompas, kedekatan, dan cahaya ambien.

Di dalam iPhone 4 juga ada pembaca buku digital iBooks seperti pada iPad. Konten keduanya malah bisa disinkronisasi.

iPhone 4 versi 16 gigabita (GB) akan dibanderol US$ 199, sedangkan versi 32 GB dibanderol US$ 299 berdasarkan kontrak dengan operator AT&T. Tanpa kontrak, ia dibanderol US$ 599 untuk versi 16 GB dan US$ 699 untuk versi 32 GB.

Seiring dengan peluncuran iPhone anyar ini, banyak pembuat aplikasi di toko App Store memberikan perhatian lebih pada aplikasi hiburan dan game. Netflix, FarmVille, dan Guitar Hero segera bisa dimainkan di iPhone.
Netflix sebelumnya tersedia untuk iPad, namun versi iPhone hanya untuk menonton streaming video. Aplikasi ini gratis bagi pelanggan layanan video berlangganan itu.

Adapun game FarmVille akan tersedia untuk iPhone mulai Juli. Sedangkan Guitar Hero akan mengizinkan pemainnya menciptakan avatar untuk iPhone dan iPod Touch.

Sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2010/06/11/brk,20100611-254545,id.html

Hasil Pencarian Populer:

fitur iphone 4.

Comments