Diet Harus Berhasil! Ini Caranya

Anda sudah tahu apa cara sukses untuk diet? Gampang! Jika anda ingin cara pelan-pelan tetapi berhasil, puasa! Anda tahu puasa, bukan? Anda harus menahan lapar dan haus. Berapa lama puasanya? Anda bisa ikuti umat muslim puasa Ramadhan sebulan penuh. Untuk berhasil diet dengan cara puasa, jangan ada balas dendam. Ya, setelah waktu berbuka tiba, jangan makan berlebihan. Cukup makanlah sampai perut anda merasa kenyang. Jangan lupa, sisihkan tempat untuk air putih dan udara di perut anda. Perut yang terlalu penuh akan memperberat kerja metabolisme. Jadi, makanlah secukupnya, minum secekupnya. Saat sahur, minumlah air putih dan sedikit cemilan. Kalau bisa, minum yoghurt dan cemilan yang mengandung protein. Protein bagus untuk metabolisme dan memberikan rasa kenyang lebih lama dibanding karbohidrat.

Puasa adalah satu-satunya cara paling mudah untuk melawan keinginan makan makanan tinggi karbohidrat dan lemak. Lupakan bakso, bakmie, gorengan, dan kentang goreng. Hati-hati, jangan menyantap es buah, sup buah, es campur, es sirup saat berbuka. Jika terpaksa karena sangat ingin meminumnya, minum sedikit saja. Makanan dan minuman manis bisa menggagalkan diet anda.

Diet Harus Berhasil! Ini Caranya

Saat puasa tak perlu hitung kalori

Apabila anda enggan menghitung, maka jalan terbaik ada puasa. Dengan cara puasa anda tidak perlu repot menghitung jumlah makanan berkalo tinggi untuk diet. Untuk lebih jelasnya, begini, misalnya anda sedang membutuhkan diet 1.500 kalori per hari, maka dengan puasa anda akan sanggup mengonsumsi menu makanan yang kurang dari 1.500 kalori sehari. Mengapa begitu? Sebagian besar orang merasa setelah menyantap menu berbuka mereka enggan menikmati makanan lain, karena perut sudah terasa penuh. Jika kalori makanan untuk diet anda hanya 500 kalori untuk sekali makan, maka anda tidak perlu resah, karena sekali makan anda akan terasa kenyang meski hanya makan 500 kalori. Asalkan, anda pandai mengatur menu dan tidak memilih makanan yang tinggi karbohidrat. Bila makanan anda tinggi karbohidrat, maka makan sedikit saja anda sudah melewati batas 500 kalori.

Stabilkan dengan puasa Senin-Kamis

Setelah menurunkan berat badan anda tetap perlu menjaga jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Ini karena kalori berpengaruh pada keberhasilan diet dan menentukan kelanggengan berat badan ideal anda.

Setelah satu bulan berpuasa, coba anda cek berat badan anda. Apakah ada penurunan? Jika iya, maka lanjutkan diet anda. Jangan berhenti. Agar, berat badan semula tidak kembali. Bila anda sudah puas dengan berat yang sekarang, jaga kondisi dengan melakukan puasa Senin-Kamis. Namun, apabila anda masih perlu menurunkan berat badan, anda bisa melanjutkan puasa sampai anda dapatkan berat yang ideal. Bagaimana jika bosan berpuasa penuh berbulan-bulan? Dalam Islam sendiri tidak diperbolehkan berpuasa tanpa jeda. Maka, alternatifnya anda bisa berpuasa Senin-Kamis dahulu sebelum kembali menjalani puasa penuh selama sebulan.

Comments