Comic 6, Google Hambat Terbentuknya Komunitas Online

Jumlah pengguna wordpress sangat banyak dan cukup mudah untuk membuat komunitas. Tapi para pegiat WordPress di tanah air belum terpikirkan untuk membuat komunitas. Lho kenapa ?

Ternyata alasannya adalah lebih mudah googling ketimbang buat komunitas. Semua kebutuhan dapat terpenuhi dengan googling. Google dianggap bisa memberikan solusi dari masalah dengan cepat tanpa perlu menunggu waktu lama.

Yah, dalam sesi Comic (Community of Multimedia and ICT) #6 hal itu terungkap. Acara yang digelar di ruang Sekar Telkom, Kantor Telkom Divre III, Jalan Supratman, Selasa (23/2/2010) malam itu mengambil tema ‘Komunitas IT di Bandung’.

“Sulit membentuk komunitas WordPress. Karena apa yang dicari itu lebih mudah searching di google daripada tanya sama orang di forum,” ujar Setyagus Sucipto, salah seorang pegiat WordPress di Bandung saat berbincang dengan detikINET usai acara.

Agus, demikian pria ini akrab dipanggil menambahkan bahwa sebenarnya mudah saja untuk membuat komunitas-komunitas lokal untuk WordPress. Acara tahunan Wordcamp bisa menjadi pendorong untuk terbentuknya komunitas lokal. Tapi karena alasan efektifitas serta lebih cepat mendapatkan informasi dari google, Agus mengaku belum terpikirkan untuk membentuk komunitas wordpress.

“Ya biar lah kita ikut saja apa yang ada. Toh selama ini apa yang dibutuhkan oleh kawan-kawan dapat terakomodir dengan baik saat mencarinya di google,” katanya.

Comic merupakan media berbagi ilmu pengetahuan yang diselenggarakan atas dasar partisipasi komunitas dalam bentuk pertemuan bersama. Rencananya kegiatan tersebut rutin tiap bulan dilaksanakan.

Sumber : Detik.com

Comments