Chili Dihantam Gempa 8.8 SR

Gempa kuat menghantam Chili Sabtu waktu setempat. Dilaporkan gempa berkekuatan 8.8 SR itu meruntuhkan rumah-rumah dan menghancurkan sejumlah jembatan.

Peneliti setempat mengeluarkan peringatan, gempa tersebut berpotensi tsunami yang akan terjadi di sejumlah negara di sekitar Samudra Pasifik.

Seperti dikutip dari Yahoonews, Menteri Dalam Negeri Chili Edmundo Perez Yoma menyatakan, gempa ini setidaknya menelan 82 korban jiwa. Namun jumlah itu diperkirakan akan terus bertambah.

Gempa yang mengguncang pukul 03.34 27 Februari 2010 waktu setempat itu terasa begitu kuat. Dilaporkan seorang jurnalis, gedung-gedung pencakar langit di Kota Talca yang berjarak 105 kilometer dari pusat gempa sebagian besar rusak total.Jalan-jalan hancur, listrik, telepon dan sambungan komunikasi pun terputus.

Di Ibu Kota Chili, Santiago, 325 kilometer timur lalut dari pusat gempa, dilaporkan sebuah museum seni nasional ambruk. Sekitar 50-an mobil yang diparkir di sebuah apartemen berbunyi bersamaan sehingga suasana sangat gaduh.

Sejumlah rumah sakit di Santiago mengevakuasi para pasiennya ke luar gedung, sementara Bandara Santiago juga mengalami kerusakan yang menyebabkan kegiatan penerbangan ditutup selama 24 jam.

Presiden Chili Michelle Bachelet menyatakan belum ada data pasti mengenai kerusakan yang terjadi akibat gempa, begitu juga soal berapa orang yang menjadi korban. Demikian di tengah situasi darurat ini, Michelle mengingatkan masyarakat Chili agar tidak panik.

“Masyarakat diharapkan tenang. Kami akan melakukan apapun dengan kemampuan yang kami punya. Jika ada informasi, kami akan segera mempublikasikan secepatnya,” jelas Michelle.

Sumber : OkeZone.com

Comments