Cara Praktis Isi Ulang Paket Internet Saat Terpepet

Kehabisan saldo internet sebelum habis masa berlakunya tentu bukan hal baru. Tiba-tiba saja, jatah untuk satu bulan sudah lebih dulu habis dalam kurun waktu dua minggu—atau bahkan kurang. Meski tidak terlalu sering, setidaknya setiap pengguna ponsel pasti pernah mengalaminya. Anda pun demikian, bukan?

Kalau sudah seperti ini, hal yang paling umum dilakukan adalah mencari counter pulsa, pergi ke gerai minimarket, mengunjungi ATM terdekat, atau menghubungi karib atau kerabat yang menyediakan jasa penjualan pulsa. Setelah itu, baru lakukan aktivasi paket internet secara manual.

Jika Anda sedang dalam waktu luang dan berada di lokasi strategis, hal ini tentu bukanlah sebuah kendala yang berarti. Akan tetapi, bagaimana jika keadaannya jauh berbeda dan dalam kondisi terpepet? Misal Anda dalam sebuah meeting yang menegangkan, perjalanan menuju lokasi yang jauh, dan sebagainya, hal sesederhana ini tentu menjadi persoalan yang menyebalkan.

Namun kini, Anda tak perlu lagi bingung untuk memenuhi kebutuhan ini. Bekerja sama dengan beberapa situs online yang menjual pulsa seperti Traveloka, beragam operator telekomunikasi mengakomodasi kebutuhan pelanggannya mulai dari Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, Smartfren, Tri, dan BOLT.

  • Sisakan sedikit kuota untuk melakukan akses

Cara Praktis Isi Ulang Paket Internet Saat TerpepetKuota

Karena melakukan pembelian secara online, tentu yang Anda butuhkan adalah internet untuk dapat mengakses toko tujuan. Karena itu, hindari pembelian paket internet justru setelah kuota benar-benar habis. Anda tentu akan mendapat notifikasi dari operator jika kuota sudah mendekati ambang batas, bukan?

Namun jika ada fasilitas WiFI gratis, manfaatkan saja layanan ini. Atau jika benar-benar tersedak, Anda mungkin bisa meminta bantuan kawan untuk menggunakan fitur thetering.

  • Gunakan aplikasi daripada situs web

Situs Web AplikasiAplikasi

Beragam toko online biasanya menghadirkan pilihan platform yakni berupa situs web atau aplikasi. Dibandingkan membeli melalui situs web, ada baiknya Anda menggunakan aplikasi yang dapat diunduh langsung melalui ponsel. Hal ini juga berpengaruh pada besarnya kuota internet yang dibutuhkan saat mengakses.

Karena itu, pilihlah toko online yang memang memberikan kemudahan pembelian melalui aplikasi. Pastikan pula Anda memilih toko online yang memang sudah terpercaya dan terbukti pelayanan andalnya.

  • Pilih paket internet yang sesuai

Paket Internet Yang SesuaiInternet

Setiap operator memiliki beragam pilihan paket dengan kuota yang beragam. Anda bisa memilih paket sesuai kebutuhan bulanan. Untuk produk Kartu Simpati misalnya, silahkan Anda klik di sini, maka Anda dapat langsung membeli paket internet Simpati.

Yang pertama, Anda bisa memilih paket 25.000. Paket ini menawarkan kuota internet sebesar 270MB sampai 750MB untuk keperluan data. Sebagai catatan, variasi kuota ini berdasarkan zona atau wilayah Anda. Selain itu, Anda juga mendapatkan jatah streaming melalui VideoMAX sebesar 1GB.

Jika ingin kuota yang lebih besar, Anda bisa memilih paket 50.000. Kuota data internet yang ditawarkan paket ini sebesar 800MB sampai 1,5GB yang bisa digunakan di layanan jaringan 2G/3G. Menariknya, Anda juga mendapat bonus data sebesar 1GB yang digunakan pada jam midgnight dan akses VideoMAX sebesar 3GB.

Paket 100.000 menawarkan lebih banyak bonus plus-plus. Selain data normal sebesar 2,5GB sampai 4,5GB di jaringan 2G/3G, Anda juga berhak untuk kuota di layanan 4G sebesar 2GB. Tidak hanya itu, bonus midnight data sebesar 2GB dan VideoMAX sebesar 5GB juga bisa Anda nikmati.

Bila dirasa kurang, Anda bisa memilih paket 150.000. Nikmati serunya bersafari di dunia maya dengan jatah data sebesar 4,5GB sampai 6,5GB dan 2GB di platform 4G. Di malam hari, manfaatkan bonus midnight data sebesar 2GB dan nonton sepuasnya di VideoMAX dengan kuota 7GB.

Terakhir, paket 200.000 memberikan kuota sebanyak 7GB sampai 9GB untuk jaringan berbasis teknologi 2G/3G dan 2GB untuk akses internet lebih cepat di jaringan 4G. Anda juga berhak atas bonus data di jam midnight sebesar 2GB. Bila Anda penggemar film, maksimalkan jatah 7GB yang diberikan untuk layanan VideoMAX.

Meski sesama produk Telkomsel, paket data internet untuk simPATI dan LOOP berbeda dengan perincian paket KartuAs. Pun demikian untuk produk Smartfren, Mentari, IM3, XL, BOLT, Tri, dan Axis.

  • Siapkan kartu kredit atau debit

Kartu Kredit atau DebitKartu Kredit

Sampai saat ini, kartu kredit masih menjadi pilihan banyak toko online sebagai metode pembayaran. Hal ini tentu lebih mudah dibandingkan pembayaran melalui ATM. Lagipula jika harus pergi dulu ke ATM, tentu akan mengurangi nilai kepraktisannya, bukan?

Akan tetapi, ada beberapa toko online penyedia jasa pembelian pulsa yang memberikan fasilitas pembayaran lebih variatif. Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui internet banking, meski tidak seluruh jasa perbankan bisa digunakan. Umumnya, layanan dari BCA dan Mandiri yang bekerja sama dengan para penyedia jasa online.

Yang terbaru, Anda juga kini bisa melakukan pembayaran di gerai Indomaret dan Alfamart seperti yang difasilitasi oleh Traveloka. Hmm.. makin mudah saja, ya?

Yang jelas, dengan semakin berkembangnya zaman dan teknologi digital, banyak hal yang menjadi lebih praktis. Termasuk kebutuhan isi ulang paket internet di saat terpepet, kini bukan lagi jadi masalah besar.