Cara Mengobati Bisul Secara Alami yang Sudah Terbukti Ampuh

Cara mengobati bisul – Bisul adalah sebuah infeksi yang terjadi di area kulit. Sebuah bisul akan nampak seperti jerawat, tetapi memiliki ukuran yang lebih besar. Area benjolan yang muncul di permukaan kulit akan nampak merah, dengan ujungnya yang putih dan bernanah.

Kemunculan bisul pada awalnya ditandai dengan rasa nyeri, panas, gatal, kemudian muncul benjolan atau bintik merah. Setelah itu secara bertahap area dari bisul akan berkembang mulai dari sel darah putih, protein serta bakteri yang selanjutnya akan menjadi nanah. Saat infeksi terjadi maka tubuh akan mengalami gejala lain seperti hilang nafsu makan, demam, serta rasa yang tidak nyaman. 

Cara Mengobati Bisul Secara Alami yang Sudah Terbukti AmpuhTips Cara Mengobati Bisul Secara Alami dan Medis

Nah, untuk mengatasi masalah bisul ini, kami sudah merangkum dari berbagai sumber cara penyembuhan bisul secara efektif dan sudah terbukti ampuh khasiatnya. Untuk selengkapnya mari kita simak ulasannya di bawah ini.

  1. Kunyit

Kunyit Untuk Mengobati BisulKunyit adalah salah satu obat untuk mengatasi bisul yang sudah sering dipakai oleh orang-orang dari zaman dahulu. Kunyit sendiri adalah jenis tumbuhan herbal yang memiliki warna khas kuning yang kerap dipakai sebagai bumbu dapur. Kunyit juga didalamnya terkandung senyawa khusus berupa antioksidan yang dapat mengatasi peradangan sehingga cepat menjadi kering dan sembuh. Pengobatan menggunakan kunyit sangat baik karena dapat mencegah tumbuhnya bisul di tempat yang sama.

Cara perawatan:

– Buatlah satu gelas susu hangat yang dicampurkan bersama satu sendok teh kunyit bubuk dan madu, setelah itu minumlah selagi hangat. Pengobatan dengan cara ini dapat membersihkan darah dari dalam sehingga bisul dapat di sembuhkan total.

– Cara yang kedua yaitu dengan cara membuat pasta dari kunyit segar, dengan menghancurkan kunyit sampai lembut kemudian ditempelkan di area bisul. Teknik ini dapat membantu menetralisir bakteri pada bisul sehingga bisul dapat pulih secara cepat.

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak Pohon Teh Untuk Mengobati BisulMinyak pohon teh adalah bahan minyak khusus yang di racik dari pohoh teh yang telah berumur. Manfaat dari minyak ini mampu membersihkan bisul dengan kandungan antioksidannya. Khasiat bahan antiseptik yang ada pada minyak pohon teh juga dapat mengatasi luka serta merawat jaringan di area bisul.

Cara perawatan menggunakan minyak pohon teh ini yaitu, ambillah beberapa tetes minyak pohon teh menggunakan kapas, lalu peras dan teteskan di area bisul. Peringatan : jangan meminum minyak pohon teh ini untuk pengobatan bisul dari dalam karena dapat mengakibagkan iritasi pada usus, hanya untuk obat luar saja.

  1. Mengompres Menggunakan Air Garam

Kompres Air Garam Untuk Mengobati BisulBila Anda tidak menyukai aroma dari obat yang berbahan herbal, maka Anda dapat memanfaatkan air garam. Air hangat yang dicampur dengan garam laut memiliki tingkat yodium yang  tinggi. Mineral ini mampu memulihkan bisul serta mengobati bisul yang belum terlanjur parah. Akan tetapi, cara perawatan ini tidak dapat diterapkan pada bisul yang telah membesar atau sudah bernanah.

Cara perawatannya sebagai berikut, rebuslah satu gelas air yang sudah dicampur satu sendok teh garam. Lalu diamkanlah sampai mendidih dan masukkanlah handuk bersih ke dalamnya. Setelah itu tempelkan handuk pada area bisul selagi air garam masih hangat. Teknik pengobatan bisul ini juga sangat bagus untuk mengatasi gatal-gatal dan bengkak di bisul.

  1. Minyak Jarak

Minyak Jarak Untuk Mengobati BisulMinyak jarak bisa anda gunakan sebagai alternatif lain untuk mengatasi masalah bisul secara cepat. Minyak jarak sangat bagus untuk merawat bisul karena didalamnya terkandung senyawa pembersih atau antiseptik. Minyak jarak bahkan mampu membuat radang di bisul lebih cepat kering dan sembuh secara baik. Pada awal-awal anda pasti akan merasa tidak nyaman saat memakai minyak jarak ini, namun karena efeknya yang dapat membuat kulit dingin, maka minyak ini dapat membuat luka di area bisul tidak terlalu parah. Minyak jarak juga sangat bagus untuk memulihkan bisul yang telah pecah ataupun bisul yang sudah bernanah.

Cara perawatannya yaitu, ambilah beberapa tetes minyak jarak menggunakan kapas bersih, lalu letakkanlah di area bisul beberapa saat. Khasiat antiseptik yang ada didalam minyak jarak sangat baik untuk mengeluarkan racun dari dalam bisul.

  1. Bawang Merah

Bawang Merah Untuk Mengobati BisulBawang merah pada umumnya memang tidak terlalu disukai karena mempunya rasa panas dan pedas   yang sangat kuat. Namun ternyata bawang merah sangat bagus untuk mengatasi bisul. Bawang merah mampu menjadikan bisul lebih cepat kering karena semua bakteri dan kotoran di dalam bisul dapat dikeluarkan semua. Bawang merah didalamnya juga terkandung sulfur yang dapat menjadikan permukaan kulit area bisul kembali sehat dan kenyal seperti sediakala.

Cara perawatannya yaitu, ambilah beberapa siung bawang merah yang masih segar, lalu kupas sampai bersih. Setelah itu cuci memakai air yang sudah matang, lalu di iris menjadi beberapa porongan. Kemudian bungkus memakai kain yang tipis lalu tempelkan di area yang terkena bisul. Ulangi teknik ini beberapa kali dalam sehari hingga bisul mengecil secara cepat dan sembuh.

Comments