Cara Mencegah Kanker Dengan Tomat

Cara Mencegah Kanker Dengan TomatSaat seseorang dalam masalah yang mengakibatkan stress ditambah lagi dengan gaya hidup tidak sehat yang membuat daya tahan tubuh semakin menurun dan sebagai penyebab kanker rahim. Hal tersebut akan memicu munculnya penyakit kronis seperti penyakit kanker. Di sisi lain, banyak berbagai sumber pangan yang memiliki kandungan gizi serta komponen bioaktif alami yang dapat mencegah dan mengobati kanker, salah satunya adalah tomat. Selain sering di gunakan sebagai bahan masakan, dalam beberapa studi yang termuat dalam Journal of the National Cancer Institute menguatkan pernyataan bahwa tomat memiliki kandungan zat yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker.

Tomat mengandung berbagai jenis vitamin dan senyawa bioaktif yang baik untuk kesehatan. Salah satu kandungan zat aktif utama dalam buah tomat adalah likopen. Kandungan likopen pada tanaman tomat mulanya bermanfaat sebagai penyerap cahaya pada proses fotosintesis. Likopen merupakan senyawa pigmen makanan yang menghasikan warna merah atau kuning pada tomat LikopenĀ  sendiri adalah pigmen warna merah alami turunan karotenoid yang terkandung dalam sayur maupun buah. Berdasarkan penelitian, likopen merupakan salah satu antioksidan yang dapat menurunkan resiko berbagai penyakit kanker. Penelitian di Harvard School of Public Health juga menunjukkan bahwa antioksidan yang sangat kuat dan efektif dalam perawatan kanker prostat adalah likopen.. Beberapa jenis kanker yang dapat diminimalkan dengan mengkonsumsi tomat secara teratur diantaranya adalah kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker serviks dan kanker usus, hingga tekanan darah tinggi pada wanita hamil.

Tomat yang baik dikonsumsi adalah tomat buah atau tomat merah. Tomat buah memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang lebih tinggi daripada tomat sayur dan tomat ceri. Kadar kematangan buah tomat menentukan kandungan yang dimilikinya. Semakin matang buah tomat akan semakin tinggi kadar vitaminnya. Penemuan-penemuan tersebut membuktikan bahwa perawatan dan pencegahan melalui konsumsi tomat dan produk olahan tomat yang kaya akan likopen dapat menjadi alternatif dalam pengobatan kanker. Tomat juga bisa menjadi cara diet yang baik bagi anda yang ingin mempunyai tubuh ideal.