Blogger Indonesia Siap Layangkan Class Action Terhadap Sony Corp

Somasi yang dilayangkan Sony Corp terhadap Sony AK membuat Heru Nugroho geram. Merasa dilecehkan, praktisi senior di industri internet ini mengajak komunitas blogger untuk menggugat balik lewat class action.

“Ini bukan lagi urusannya Sony AK saja, tapi sudah bentuk pelecehan terhadap blogger Indonesia. Kita dilecehkan banget,” kata Heru berapi-api saat bercerita kepada detikINET, Sabtu (13/3/2010).

Menurutnya, Indonesia sebagai negara hukum harus berani menunjukkan wibawa dengan melakukan aksi perlawanan terhadap gugatan Sony Corp dengan menempuh jalur hukum pula.

“Gue saranin komunitas blogger Indonesia nuntut ke Sony Corp pakai mekanisme class action. Kita negara hukum, tempuh jalur hukum. Konkret, jangan cuma koar-koar saja. Kalau nggak ada yang mau, nanti gue yang nuntut,” sungut Heru.

Ihwal kasus ini bermula ketika seorang teknoblogger Indonesia yang bernama Sony Arianto Kurniawan (sony-ak.com) disomasi oleh Sony Corp lantaran nama “Sony” yang melekat di situs pribadinya. Sony Corp takut, kalau-kalau situs dengan label “Sony” itu disalahgunakan dan bisa merusak merek dagangnya.

Sony AK yang menjadi korban pun dihadapkan dengan dua pilihan sulit: melepas nama “Sony” atau diseret ke meja hijau oleh Sony Corp. Namun Sony AK memilih untuk bertahan. Ia tidak sendirian, banyak pihak yang mendukung dia, baik di dunia nyata maupun dunia maya.

Kasus sengketa nama domain ini pun menggulir cepat bak bola salju, ketika para sahabat Sony AK membuat sebuah grup penggalang dukungan di Facebook dengan nama: “Sony, Jangan Renggut Nama Temanku!”. Sejauh ini anggota grup itu sudah lebih dari 3000 orang.

Tak pelak, gelombang penolakan dan hujatan yang berseliweran di dunia maya, membuat pihak Sony Indonesia ikut ketar-ketir. Meski tak bisa berbuat apa-apa, pihak Sony Indonesia ingin kasus ini segera jernih seusai mendapat klarifikasi dari kantor pusat Sony di Tokyo, Jepang.

Sumber : http://www.detikinet.com/read/2010/03/13/175654/1317709/399/blogger-diajak-gugat-class-action-sony-corp

Comments