Berbagai Jenis dan Tips Membeli Keyboard Gaming

Sekarang ini dunia e-sport sedang tumbuh subur di dunia, tak terkecuali juga di Indonesia. Perkembangan ini  selain berpengaruh pada penjualan PC gaming juga berpengaruh pada penjualan berbagai aksesoris lainnya termasuk keyboard gaming. Tentunya hal ini juga membuat semakin banyak tim-tim gaming yang bermunculan untuk meramaikan persaingan turnamen gaming yang sering menghadirkan hadiah-hadiah besar. Bahkan belum lama ini telah berlangsung turnamen game DOTA2 The Internasional yang menghadirkan hadiah total hingga 18 juta dollar, sebuah rekor hadiah paling besar yang pernah ada. Dalam menjalani turnamen gaming, peripheral yang digunakan sangat berperan penting karena akan mempengaruhi performa yang dilakukan dalam suatu pertandingan.

Peripheral yang paling fundamental bagi seorang gamer adalah keyboard gaming dan juga mouse gaming Perkembangan teknologi keyboard gaming sangatlah lambat. Tidak banyak perbedaan secara signifikan dari generasi ke generasi. Nah, apa saja jenis-jenis teknologi yang digunakan dalam keyboard gaming? Berikut ini ulasannya.

Berbagai Jenis dan Tips Membeli Keyboard Gaming Jenis-Jenis Keyboard Gaming Berdasarkan Teknologinya

Secara umum, keyboard gaming dibagi menjadi 5 jenis keyboard seperti berikut:

  1. Rubber Dome

Keyboard gaming satu ini menggunakan switch karet pada bagian bawah tuts-tuts-nya. Kamu dapat mudah menemukan keyboard Rubber Dome karena sangat banyak sekali produsen yang memproduksi keyboard jenis ini. Harganya pun sangat murah dan cocok untuk kamu yang membutuhkan keyboard dalam keadaan terdesak. Akan tetapi, satu hal yang harus kamu ingat adalah keyboard Rubber Dome memiliki kekurangan dalam durabilitas serta mudah mengalami ghosting.

  1. Mecha Cherry

Keyboard berjenis Mecha Cherry kali pertama dibuat di Jerman dan sempat booming pada awal tahun 2010 silam. Walaupun begitu, sebenarnya Apple adalah perusahaan yang kali pertama memperkenalkan keyboard ini. Berbeda dengan Rubber Dome, keyboard satu ini menggunakan sistem mekanik pada tiap-tiap tuts-nya. Dengan begitu, Mecha Cherry memiliki kekuatan dan durabilitas yang tinggi. Selain itu juga keyboard jenis ini sudah pasti anti-ghosting, sehingga sangat cocok digunakan untuk kamu yang biasa bermain game dengan menekan beberapa tombol secara bersamaan.

  1. Mecha Topre

Jika Mecha Cherry adalah keyboard berteknologi Jerman, maka Mecha Topre adalah keyboard gaming berteknologi Jepang.  Mecha Topre adalah keyboard mekanik pabrikan Jepang yang didesain dengan sangat nyaman dan terkenal akan tuts-tuts-nya yang sangat empuk, sehingga membuat penggunanya tidak mudah lelah.

  1. Mecha Omron

Mecha Omron juga adalah keyboard dengan sistem mekanik buatan Jepang. Bisa dikatakan keyboard ini berada di tengah-tengah Mecha Cherry dan juga Mecha Topre. Omron cukup digemari karena durabiltasnya hampir sama dengan Cherry. Jika kamu menggunakan keyboard ini kamu tidak akan sadar jika keyboard satu ini telah rusak hingga semua tuts-tuts-nya benar-benar rusak. Produsen keyboard yang menggunakan teknologi ini diantaranya adalah Logitech dan juga Romer G-Type.

  1. Scissor Switch

Jenis keyboard Scissor Switch terkenal akan bentukannya yang sangat tipis. Jadi untuk kamu yang melihat keyboard-keyboard flat ataupun tipis, maka sudah dapat dipastikan jika keyboard tersebut menggunakan teknologi Scissor Switch. Teknologi ini biasanya lebih sering digunakan pada keyboard laptop, dan sangat jarang ditemui pada keyboard-keyboard untuk gaming.

Jenis keyboard yangdigunakan untuk bermain game memang lebih baik mengggunakan keyboard dengan sistem mekanik, bukan dengan sistem dome. Hal ini dikarenakan keyboard dengan sistem mekanik lebih tahan lama dan memiliki durabilitas yang tinggi. Selain itu juga kelebihan lainnya yang dimiliki keyboard mekanik diantaranya adalah memberikan kenyamanan tersendiri karena adanya sejenis pegas yang ketika tuts ditekan maka tuts tersebut akan memberikan tekanan balik pada jari-jari penggunanya. Selain itu juga desainnya sangat menarik karena setiap keycaps dapat dicustom sesuka hati penggunanya. Yang terakhir adalah perawatan dari keyboard mekanik lebih mudah karena setiap keycaps dapat dilepas untuk membersihkan debu-debu yang menempel di sela-sela tombol keyboard.

Tips Memlih Keyboard Gaming

Ketika kamu hendak membeli sebuah keyboard gaming, ada baiknya kamu menyimak tips-tips berikut ini.

  1. Belilah Keyboard Gaming Dengan Fitur Anti Ghosting

Ketika bermain game, tentunya kamu akan disibukkan dengan kombinasi berbagai tombol sekaligus. Keyboard untuk bermain game haruslah dapat menerima lebih dari 3 pencetan tombol secara sekaligus. Untuk itu diperlukan fitur anti ghosting, di mana keyboard dapat menerima minimal 5 pencetan sekaligus. Semakin banyak jumlah tombol yang dapat dipencet secara bersamaan, maka itu akan semakin baik.

  1. Pilih Keyboard Dengan Polling Rate Paling Tinggi

Polling Rate merupakan frekuensi untuk menjelaskan jumlah sinyal yang dikirimkan keyboard pada CPU dalam 1 detik. Keyboard biasa memiliki Polling Rate sekitar 125 Hz yang berarti mengirimkan perintah sebanyak 125 kali dalam 1 detik. Untuk keyboard gaming minimal memiliki Polling Rate antara 500 Hz – 1000 Hz.

  1. Cari Keyboard Dengan Progammable Keys

Ketika bermain game biasanya gamer akan diminta menekan kombinasi dari beberapa tombol sekaligus. Tentunya ini cukup merepotkan. Kombinasi berbagai tombol tersebut dapat digantikan dengan satu tombol saja dengan memprogram tombol yang akan digunakan untuk mewakilkan tombol kombinasi. Keyboard yang baik adalah keyboard yang keseluruhan tombolnya dapat diprogram.

  1. Cari Bantalan Tombol Terbaik

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, keyboard untuk bermain game yang baik adalah keyboard dengan jenis bantalan mekanik, bukan Rubber Dome. Selain lebih tahan lama, bantalan mekanik juga memiliki durabilitas yang tinggi.

  1. Beli Keyboard Dengan Fitur Backlight

Fitur backlight sangat diperlukan untuk mangantisipasi pencahayaan ruangan yang kurang baik. Akan lebih baik lagi jika tingkat keterangan dari backlight tersebut bisa diatur.

  1. Pilih Keyboard Dengan Tambahan Perangkat Lunak

Selain soal fisik, software keyboard juga harus dipertimbangkan karena software tersebut membawa berbagai pengaturan untuk keyboard. Software keyboard yang baik adalah software yang intuitif dan juga kaya akan fitur pendukung keyboard.

Harga Keyboard Gaming

Keyboard gaming yang beredar dipasaran saat ini sangat bervarasi. Harga keyboard gaming ada yang dibanderol dengan harga ratusan ribu rupiah saja, ada juga yang berharga hingga jutaan rupiah. Contohnya adalah keyboard dengan merek HAVIT Bundle yang sudah dilengkapi dengan mouse HAVIT HV-K513CM harganya hanya 100 ribu rupiah saja. Tidak sedikit gamer terutama mereka yang pemula menggunakan keyboard satu ini.

Selain HAVIT Bundle yang berharga 100 ribu rupiah, ada pula Razer BlackWidow yang dibanderol dengan harga mencapai 2.6 juta rupiah. Tentunya keyboard ini biasa digunakan oleh mereka yang sudah ahli atau profesional dalam bermain game. Produk-produk Razer memang terkenal akan kualitasnya dalam menyediakan berbagai keperluan untuk para gamer. Tidak hanya keyboard gaming, bahkan mouse pad pun diproduksi Razer khusus untuk bermain game. Nah tentunya ketika membeli sebuah keyboard untuk bermain game jika kamu mengeluarkan uang lebih, tentu apa yang kamu dapatkan pun akan lebih bagus.

Menikmati dan memenangkan suatu permainan memang telah menjadi tujuan para gamer. Nah, untuk mencapai itu semua dibutuhkan perangkat yang sangat bagus dan mendukung, salah satunya adalah keyboard gaming. Semoga artikel ini bermanfaat.