Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mencegah Cacat Lahir?

Agar memiliki kehamilan yang sehat, janin aman dan penghindaran cacat lahir, apa yang harus dilakukan ibu? Dengan metode berikut untuk mencegah malformasi janin, diharapkan ibu muda akan memiliki kehamilan yang sehat dan bayi yang sehat dan tidak cacat.

Beberapa penyebab umum malformasi kongenital pada janin adalah: Ibu yang melahirkan saat mereka lebih tua; Keluarga dengan riwayat cacat lahir; Ibu menggunakan obat-obatan selama kehamilan atau terpapar bahan kimia beracun, kekurangan nutrisi, terutama asam folat.

Tapi dengan naluri yang melekat, ibu benar-benar bisa mencegah cacat lahir bawaan dengan melakukan hal penting berikut ini yang ditulis oleh Balqis selaku peneliti kesehatan janin dan juga penyedia paket aqiqah depok.

  1. Pemeriksaan kesehatan dan konseling

Pemeriksaan penuh atas penunjukan dokter sangat penting. Dengan demikian, dokter akan memantau perkembangan dan kelainan janin dengan lebih baik. Secara khusus, prosedur skrining genetik dapat menentukan penyebab malformasi bawaan, terutama yang tidak terlihat melalui pencitraan ultrasound. Akibatnya, dokter Anda akan memberi tahu Anda tentang risiko cacat lahir bagi pasangan Anda untuk membuat keputusan tentang kehamilan dan persalinan.

  1. Jangan gunakan obat semena-mena

Apa yang ibu pasti tahu tidak bebas menggunakan obat apapun tanpa petunjuk dokter. Mengapa? Itu karena obat yang digunakan bisa menimbulkan efek samping, yang berdampak negatif pada perkembangan janin. Selama 9 bulan, janin berkembang terus menerus dan resistansi sangat buruk, tidak dapat menahan efek samping obat dengan mudah menyebabkan cacat lahir.

Di antara hal-hal tersebut di atas, mengonsumsi zat besi, asam folat dianggap sebagai prioritas utama. Kelainan karena kekurangan folat sering terjadi sangat awal pada kehamilan, bahkan di klinik antenatal sekitar minggu ke 10, yang sudah terlambat untuk menyelamatkan situasi. Karena itu, ibu memberi perhatian khusus pada asam folat dan zat besi.

Apa yang harus dilakukan untuk mencegah cacat lahirSuplemen zat besi meleleh merupakan salah satu produk yang bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan bagi ibu hamil. Untuk melengkapi nutrisi bagi tubuh, pastikan nutrisi untuk janin, ibu bisa melengkapi makanan kesehatan Melting Besi. Dalam 3 bulan pertama, pertumbuhan bayi terfokus pada otak, memberi cukup asam folat, zat besi, vitamin B12 dan vitamin C dari Iron Melts untuk membantu meningkatkan kesehatan bayi. Ambil besi, pencegahan cacat lahir, kurang

  1. Ambil suplemen zat besi, asam folat dini

Setiap wanita usia subur perlu mengkonsumsi suplemen asam folat paling sedikit 3 bulan sebelum hamil, terutama pada trimester pertama kehamilan. Ibu perlu melengkapi asam folat dan zat besi secukupnya untuk mencegah defisiensi folat – yang menyebabkan berbagai malformasi bawaan dan cacat tabung saraf (umum terjadi spina bifida. ) pada janin.

Nutrisi ini juga membantu ibu labu sehat, hindari fenomena syok, pingsan … karena anemia, membahayakan ibu dan anak.

  1. Hindari paparan bahan kimia beracun

Bahan kimia beracun di lingkungan, kosmetik, deterjen, berbagai jenis bahan kimia, dan sebagainya dianggap menyebabkan cacat lahir pada janin.

Bahan kimia beracun ini dapat memiliki dampak paling parah pada janin selama periode 8-12 minggu, karena minggu janin ini mengembangkan organ dan saraf pusat. paling sensitif, paling rentan

Karena itu, ibu harus berhati-hati dan hati-hati memperhatikan zat berbahaya ini dalam kehidupan. Jika pekerjaan harus terkena bahan kimia, sarung tangan, respirator (respirator) dan ventilasi yang memadai harus dipakai.

  1. Makan sehat

Perkembangan janin hanya bisa sehat, komprehensif bila diberi nutrisi yang cukup. Setiap kekurangan nutrisi dapat menyebabkan fungsi tubuh anak berkembang tidak lengkap, menyebabkan cacat.

Oleh karena itu, saran umum ibu hamil yang ingin melindungi pertumbuhan sehat mereka adalah diversifikasi makanan sehat, membatasi makanan olahan. Jika ibu tidak dapat makan atau minum, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapat nutrisi dan saran yang tepat.

  1. Hindari alkohol atau tembakau

Minum lebih banyak alkohol selama kehamilan dapat menyebabkan sindrom keracunan alkohol janin – salah satu penyebab keterbelakangan mental pada anak-anak. Hal ini juga terjadi pada wanita hamil yang merokok atau merokok.

Merokok, alkohol selama kehamilan juga meningkatkan tingkat keguguran, kelahiran berat lahir rendah, prematuritas, lahir mati dan kematian neonatal. Oleh karena itu, hindari merokok dan alkohol sebelum dan selama kehamilan. Pada kehamilan, menyusui adalah cara sederhana yang harus dilakukan setiap ibu karena bayinya.

  1. Jauhi tempat keramaian

Tempat yang ramai adalah tempat banyak penyakit sulit dikendalikan. Ini sangat menular. Saat keluar, pakai masker untuk mencegah flu biasa dan beberapa infeksi pernafasan. Flu adalah salah satu dari banyak penyebab kecacatan pada anak kecil, sehingga dianjurkan agar ibu hamil harus berhati-hati.

  1. Deteksi dini HPV

Meskipun HPV tidak menyebabkan malformasi janin, hal itu dapat menyebabkan ibu lahir prematur dan bayi prematur mengalami kerusakan paru-paru dan otak yang serius. 50% orang yang aktif secara seksual memiliki infeksi HPV setidaknya sekali dalam kehidupan mereka.

  1. Evaluasi faktor genetik

Jika pasangan atau keluarga Anda memiliki riwayat malformasi bawaan, bayi Anda berisiko melahirkan bayi dengan cacat. Karena itu, Anda harus mencari ahli untuk mengevaluasi faktor genetik. Melihat evaluasi genetik, dokter dapat mendiagnosis risiko kecacatan anak Anda dengan suami Anda dan memberi saran apakah Anda bisa memiliki bayi atau tidak.

Comments