Android Bakal “Serbu” Indonesia pada Awal Maret

Awal bulan Maret 2010 bakal menjadi momentum baru kehadiran Android di Indonesia. Android yang dimaksud bukan makhluk setengah robot setengah manusia, melainkan platform smartphone berbasis open source yang diperkenalkan Google. Bersamaan dengan pameran Mega Bazaar di Jakarta Convention Center, 3-7 Maret 2010, setidaknya akan ada enam handset berbasis Android yang sekaligus diluncurkan di Indonesia.

Handset tersebut masing-masing Sony Ericsson X10, Huawei U8230, LG GW620, HTC Hero, Motorola Milestone, dan Samsung Galaxy Spica. Keenam handset dari enam vendor kelas dunia itu akan dirilis oleh Indosat sebagai partner. Indosat juga melengkapi layanan khusus bagi pengguna Android berupa aplikasi-aplikasi berbasis Android melalui Android Aplication Store.

“Indosat memiliki komitmen yang kuat untuk mengembangkan layanan berbasis Android di Indonesia,” kata Guntur S Siboro, Chief Marketing Officer Indosat, dalam siaran persnya. Ia mengatakan, Indosat ke depan juga telah menyiapkan layanan khusus Android dan program kerja sama dengan para pengembang lokal untuk mengembangkan aplikasi.

Android sendiri merupakan sistem operasi bergerak (mobile) yang menggunakan versi modifikasi dari kernel Linux. Android memiliki berbagai keunggulan sebagai perangkat lunak berbasis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga programmer bisa membuat aplikasi baru di dalamnya.

Selain itu, Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi, seperti push email GMail, Google Maps, dan Google Calendar. Pada awalnya, Android dikembangkan oleh Android Inc, sebuah perusahaan yang kemudian dibeli oleh Google dan akhir-akhir ini dikembangkan oleh Open Handset Alliance.

Adapun Android Application Store adalah “toko virtual” yang menyediakan ribuan aplikasi, baik gratis maupun berbayar. Indosat menghadirkan Android Application Store sebagai bentuk keseriusan dalam memberikan layanan yang terintegrasi di satu tempat yang dapat menampung kebutuhan pelanggan terkait aplikasi dan layanan Android dari Indosat.

Semua paket layanan tersebut akan dihadirkan di Indosat Android Expo pada Pameran Mega Bazaar di JCC 3-7 Maret 2010. Diskon khusus tersedia untuk pemesanan awal (pre-order) sudah bisa dilakukan pada 22-28 Februari 2010 di www.indosat.com/android.

Sumber : Kompas.com

Comments