7 Tips Membuat Puding Lapis

Membuat puding lapis tidak semudah membuat puding biasa, untuk mendapatkan hasil yang bagus diperlukan teknik membuat puding lapis yang tepat. Untuk itu simak 7 tips membuat puding lapis berikut ini:

  1. Saat akan menuang lapisan ke-2 atau lapisan selanjutnya, pastikan kondisi lapisan sebelumnya sudah sedikit mengeras.
  2. Untuk mengeraskan puding lapis sebaiknya tidak di simpan dalam lemari pendingin, karena bagian atas puding akan berermbun sehingga mengakibatkan lapisan tidak menyatu. Keraskan puding pada suhu kamar atau ruangan berpendingin.
  3. JIka anda membuat puding dengan lapisan banyak, ada kalanya lapisan puding yang belum di tuang mengeras. Pada saat ini anda dapat mencairkan kembali dengan cara mengetim/merebus di atas api kecil sambil diaduk mencair (tidak perlu sampai mendidih). Untuk kasus ini tidak berlaku pada puding yang telah diberi putih telur.

    7 Tips Membuat Puding Lapis

    7 Tips Membuat Puding Lapis

  4. Tusuk-tusuk bagian puding yang akan dilapis dengan lidi sate, agar atara lapisan ke-2 dan selanjutnya melekat satu dengan yang lainnya.
  5. Tuang adonan lapisan ke-2 atau berikutnya secara perlahan sedikit demi sedikit.
  6. Untuk membuat lapisan puding yang diberi putih telur, kocok putih telur hingga kaku (jika kom adonan putih telur dibalik, putih telur tidak jatuh) setelah itu tuang puding sedikit demi sedikit ke dalam kocokan putih telur sambil terus dikocok dengan mikser dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Pastikan suhu puding sebelum dicampur dengan putih telur dalam kondisi suam-suam kuku (uap panas telah hilang).
  7. Sebelum dikeluarkan dari cetakan/loyang puding, pastikan puding telah mengeras. Goyangkan cetakan/loyang jika puding masih lentur/bergoyang menandakan puding belum keras betul, urungkan untuk mengeluarkan. Jika seluruh permukaan sudah mengeras/membeku barulah dikeuarkan dari loyang.

Demikian 7 tips membuat puding lapis, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.