7 Tips Aman Belanja Online

7 Tips Aman Belanja Online

Sudah bukan rahasia lagi kalau maraknya situs belanja online membuat banyak orang makin keranjingan menggunakan cara membeli ini. Efeknya juga bisa dilihat dengan makin banyaknya situs dan toko online yang bertebaran. Meski begitu, penting untuk membekali diri agar bisa melakukn pembelian online dengan aman. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

1. Gunakan situs belanja online terkenal
Alih-alih memilih situs yang belum pernah Anda dengar namanya, lebih baik anda lebih memilih untuk melakukan pembelanjaan di situs yang terkenal, seperti misalnya di Jd.ID. Banyak orang tahu kalau website tersebut merupakan cabang JD yang berasal dari Tiongkok. Tercatat sebagai pesaing kuat Alibaba, membuat JD memiliki modal yang sangat besar. Itu sebabnya jika membeli di situs web yang sudah terkenal semacam ini menjadi syarat penting agar transaksi yang kita lakukan bisa aman.

2. Security websitenya baik
Paling tidak hal tersebut bisa dilihat dari penggunakan secure socket layer (SSL) atau yang secara kasat mata bisa kita lihat dengan https.
Jika situs belanja online tersebut menggunakan lapisan pengamanan itu akan lebih secure saat kita membayar menggunakan kartu kredit.

3. Memiliki situs versi mobile yang handal
Banyak orang sekarang lebih memilih berselancar menggunakan smartphone dibandingkan dengan laptop atau desktop. Itu sebabnya kebutuhan mengakses situs belanja online yang memiliki versi mobile sangat tinggi. Karena dengan begitu, tampilan situs tersbeut sudah disesuaikan dengan ukuran layar kita. Dalam arti kata lain, kita pun bisa lebih mudah untuk bertransaksi di situs tersebut.

4. Gunakan jaringan internet yang aman
Aspek keamanan belanja online itu tidak semata-mata terletak pada situs webnya, tapi dari sisi jaringan yang digunakan pengguna pun ikut menentukan. Untuk itu, kita perlu memastikan jaringan internet yang kita gunakan itu aman.
Lebih baik menggunakan koneksi pribadi dibanding akses internet umum, sebab dengan begitu akan lebih terjaga tingkat keamanannya.

5. Bekali dengan antivirus
Sebagai pembeli, kita perlu membekali perangkat kita dengan antivirus yang memadai sehingga setiap ada ancaman yang bisa membahayakan diri kita, hal tersebut bisa dicegah.Gunakan antivirus yang bagus sehingga bisa menangkal adware, spyware maupun berbagai program jahat yang bisa mengancam keamanan kita saat berbelanja online.

6. Pilih cara pembayaran yang aman
Secara umum, tiap sistem pembayaran sudah dilengkapi dengan proteksi agar saat digunakan bisa aman. Seperti misalnya untuk kartu kredit juga dibekali dengan sejumlah security system sehingga tidak mudah untuk dijebol.

Begitupun ketika kita memilih menggunakan kartu debit, cara pembayaran tersebut juga sangat aman. Baik saat Anda memilih menggunakan transfer lewat ATM, maupun mentransfernya lewat m-banking atau internet banking.

Nah, itulah sejumlah tips agar belanja online yang Anda lakukan lakukan bisa berlangsung lancar dan aman. Silahkan perhatikan beberapa hal tersebut tiap kali Anda ingin shopping online.