7 Cara Dalam Mengatasi Luka

Luka karena tergores atau jatuh pada kaki dan tangan gampang sekali buat disembuhkan. Ada banyak cara di dalam mengobati luka gores misalnya. Banyak hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan modal pengetahuan p3k pada luka minimal Anda sudah memiliki gambaran di dalam mengobati luka. Tentu ada banyak hal yang mesti harus Anda perhatikan dalam mengobati luka, salah satunya adalah

  • Perhatikan Lokasi Luka

Area mana yang mengalami luka berpengaruh pada lama tidaknya proses penyembuhan. Bila lukanya berada di permukaan bagian tubuh yang sering bergerak maka luka tersebut lebih lama sembuh, misalnya di bagian siku dan lutut. Untuk luka pada bagian tersebut, cobalah meminimalisasi pergerakan di bagian tubuh tersebut.

  • Sterilkan Luka

Rajinlah untuk membersihkan luka menggunakan alkohol kemudian oleskan obat merah secara merata. Terkhusus bagian yang lukanya paling dalam, jangan hanya sekadar membubuhi obat merah tetapi beri tekanan agar obat merahnya bisa meresap.

  • Biarkan Terbuka

Menutup luka hanya akan memperlama masa penyembuhan. Biarkan luka terbuka agar cepat kering. Pada luka terbuka terdapat bakteri anaerob yang tidak tahan terhadap oksigen. Nah, salah satu cara untuk mematikannya adalah dengan membiarkan luka terpapar udara.

7 Cara Dalam Mengatasi Luka

  • Jangan Basah

Jangan biarkan luka lembap ataupun basah dalam rentang waktu yang lama. Jika terkena air ataupun keringat segera keringkan. Sebenarnya ini tidak memengaruhi luka secara signifikan, sih, hanya saja memperlama waktu penyembuhan.

  • Jangan Dikelupas

Jangan ‘gatal’ mengelupas luka yang sudah kering. Selain bisa menyebabkan iritasi, luka bisa kembali basah susah untuk sembuh dan membekas. Biarkan luka mengering dan terkelupas dengan sendirinya.

  • Redakan Gatal

Biasanya luka yang mengering menciptakan sensasi gatal yang amat sangat. Jangan digaruk! Untuk meredam rasa gatal bisa dengan cara mengompres menggunakan air hangat ataupun menepuk-nepuknya perlahan.

  • Hindari Gesekan

Gesekan baju ataupun celana bisa menyebabkan luka kembali meradang. Sebaiknya biarkan luka terbuka jangan tertutup pakaian. Justru bila luka sering bersentuhan bahkan tertekan pakaian hingga tergesek malah membuat luka kembali terbuka.

Comments