6 Fitur Baru pada Windows 8

6 Fitur Baru pada Windows 8 – Windows 8 adalah versi terbaru dari system operasi buatan Microsoft, yang diposisikan untuk menggantikan Windows 7. Windows 8 beberapa minggu lalu telah dirilis dalam mode Developer Preview dan didalamnya sudah terisi lebih dari 300 fitur baru. Microsoft berencana untuk terus menambahkan kemampuan baru hingga Windows 8 siap diluncurkan secara resmi.

Penesaran dengan fitur dan performa dari Windows 8? Berikut ini ada 6 fitur baru pada Windows 8, dari ratusan fitur baru lainnya :

1. Support untuk PC dan Tablet ARM

Windows 8 adalah edisi pertama dari Windows yang dapat beroperasi pada tablet berbasis ARM sekaligus PC tradisional yang didasarkan pada prosesor ARM dari Intel dan AMD. Selain itu, edisi ARM pada Windows 8 dirancang untuk membuat tablet bertindak seperti smartphone. Tablet tetap terhubung dengan internet meski berada dalam modus siaga. Windows 8 ini dirancang untuk bekerja secara lancer baik untuk PC maupun tablet ARM.

2. User Interface Windows 8

Start menu pada Windows 8 dapat disesuaikan melalui tile mosaic yang berbeda dari ikon desktop tradisional. Interface pada Windows 8 menggunakan desain baru yang disebut Metro Style. Tampilannya disesuaikan untuk memberikan kemudahan bagi para user melalui UI yang interaktif. Disini Anda dapat melihat informasi langsung dari Windows 8 dengan Metro Style tanpa harus mengakses aplikasinya secara langsung. Misal, tile untuk aplikasi “Weather” akan menampilkan temperature/suhu bersamaan dengan prakiraan suhu untuk dua hari berikutnya. Semuanya dapat dilihat tanpa harus membuka aplikasi tersebut.

3. Fitur Control Panel

Di luar perbaikan mengenai Windows Task Manager, Microsoft juga telah mendesain ulang Control Panel untuk Windows 8. Pembenahan disini termasuk dalam hal Personalize, User, Wireless, Notifications, General, Privacy, Search dan Share. Dengan Metro Style, pengguna dapat menggunakan menu Personalisasi untuk melakukan kustomisasi pada menu Start dengan tile untuk kalender, music, e-mail, netfix, dll.

4. Two Touch Keyboard

Selain menyediakan keyboard tradisional seperti yang sering digunakan saat ini, Windows 8 juga mendesain keyboard jenis kedua berupa thumbs keyboard untuk pengguna yang sering menggunakan jempol. Untuk membuat pengetikan pada keyboard virtual lebih cepat dan akurat, Microsoft juga membuat perbaikan dari keyboard konvensional yang menunjukkan kata-kata di layar saat Anda mengetik. Setelah itu Anda dapat memilih kata yang disarankan. Microsoft juga menyediakan fitur ‘periksa ejaan’ yang dirancang untuk memperbaiki kata-kata yang salah. Keyboard dapat menyesuaikan dengan bahasa yang berbeda. Pada PC berbasis sentuhan, tata letak keyboard secara otomatis menyesuaikan bahasa yang Anda pilih untuk Windows. Input dan pengaturan bahasa secara otomatis berlaku untuk seluruh PC dan bukan hanya pada program tertentu.

5. Dukungan Penuh untuk USB 3.0

Port USB 3.0 beroperasi pada kecepatan hingga sepuluh kali lebih cepat dari USB 2.0. Untuk lebih mendukung kecepatan ini, Microsoft Windows 8 akan dilengkapi dengan driver asli yang mendukung USB 3.0. Sementara itu untuk penggunaannya dengan Windows 7, tetap harus menggunakan driver dari pihak ketiga.

6. Tampilan pada Multiple Monitor

Pada versi Developer Preview, Windows 8 ini juga memiliki kemampuan untuk memperpanjang taskbar di dua PC, tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga. Anda dapat menampilkan wallpaper di dua monitor, atau menampilkan layar Start pada satu PC dan Desktop di sisi lain. Anda juga dapat dengan mudah beralih di anatara dua monitor. Monitor utama memiliki tombol Start, dan sekunder memiliki tombol switcher. Mengklik atau menekan tombol switcher memungkinkan Anda untuk mengubah monitor sekunder ke monitor primer dan sebaliknya.

Terimakasih telah menyimak 6 Fitur Baru pada Windows 8, semoga bermanfaat.

Comments