5 Tips Hemat Anti Mainstream Buat Generasi Milennial

Generasi millennial merupakan kelompok anak muda yang range umurnya 17 hingga 37 tahun. Karena lahir setelah adanya internet dan teknologi-teknologi canggih lainnya, generasi millennial tentunya lebih akrab dengan teknologi modern dibanding mereka yang lahir pada era 80an. Generasi millennial sangat identik dengan gadget, jadi dalam kesehariannya, generasi millennial ini tak bisa dijauhkan dari gadget. Dibanding generasi X yang lahir pada era 70an dan 80an, generasi millennial membutuhkan banyak gadget untuk mendukung kesehariannya. Kamu termasuk dalam generasi millennial dan ingin berhemat? Sebaiknya kamu cek beberapa tips berikut ini.

  • Faedah

Anak millennial cenderung lebih boros karena lebih mengedepankan desire daripada thinking. Dari segi pemahaman teknologi, anak millennial memang lebih paham. Namun dari segi psikologis, orang-orang yang lahir di era 80an tentunya lebih memahami artinya kesederhanaan. Jadi bagi kamu generasi millennial yang ingin berhemat, sebaiknya sebelum membeli sesuatu, pikirkan terlebih dahulu apakah barang tersebut berfaedah atau tidak. Misalnya kamu ingin membeli drone yang harganya puluhan juta, nah apa faedahnya dengan kamu membeli drone tersebut? Jika sekedar untuk keren-kerenan saja, sebaiknya kamu urungkan membeli drone tersebut. Belilah sesuatu jika hal itu benar-benar berfaedah, apalagi jika uangnya masih didapatkan dari orang tua.

  • Hindari Delivery Service

Generasi millennial hidup di era yang mengedepankan penggunaan aplikasi dan situs. Tak mengherankan untuk hal-hal kecil sekalipun, misalnya seperti membeli makanan, generasi millennial bisa membelinya dengan bantuan aplikasi yang didalamnya terdapat delivery service. Jika kamu merasa lapar, maka jangan langsung buka aplikasi pengantar makanan, karena biayanya lumayan mahal. Untuk jarak yang lumayan dekat saja, kamu mesti mengeluarkan biaya ongkos kirim 10 ribu rupiah. Coba deh kamu keluar sebentar, gunakan sepeda motor, lalu cari makanan yang kamu inginkan. Memang sih dengan menggunakan delivery service ini lebih cepat dan efisien, namun uang bulananmu bakalan cepat habis.

5 Tips Hemat Anti Mainstream Buat Generasi Milennial

  • Kurangi Minum Kopi di Kafe

Kebiasaan anak millennial yang paling kelihatan yaitu nongkrong di coffee shop. Entah apa motif generasi millennial yang lebih sering nongkrong di coffee shop, namun sepertinya memang ingin terlihat lebih kekinian saja. Jika kamu ingin berhemat, maka kurangi kebiasaan minum kopi di kafe. Kenapa? Karena harga segelas kopi espresso di kafe itu lumayan mahal, paling murah 10ribu rupiah. Coba deh kamu beli kopi instan di toko, maka kamu bisa mendapatkan 5 gelas kopi instan. Memang sich rasanya sangat jauh berbeda, namun yang terpenting kan bisa ngopi, betul? Jika kamu berniat ingin nabung, sebaiknya kurangi kebiasaan minum kopi di kafe ya.

  • Manfaatkan Promo Belanja Online

Generasi millennial pastinya sudah terbiasa berbelanja online. Agak aneh jika anak millennial masih shopping di mall, karena sangat tidak praktis. Namun agar lebih hemat, sebaiknya kamu cari promo belanja online di beberapa marketplace atau situs yang menawarkan cashback. Salah satu situs yang bisa kamu masuki yaitu Hadiah.me. Kamu bisa membeli berbagai gadget dengan biaya lebih murah karena adanya cashback atau uang kembali. Presentase cashback-nya bermacam-macam, jadi kamu mesti teliti saat mengeksplor situs Hadiah.Me ini. Untuk lebih detailnya, langsung saja masuki link https://www.hadiah.me. Kamu bisa membeli berbagai item seperti smartphone, laptop, bahkan drone, dengan biaya yang lebih murah.

  • Belajarlah Dari Generasi X

Generasi millennial merupakan generasi yang lahir setelah generasi X. Jadi generasi X ini yaitu mereka yang lahir di era 70an dan 80an. Jika kamu berniat ingin berhemat, maka belajarlah dari generasi X. Generasi X hidup di zaman yang belum terlalu hedon seperti sekarang, jadi mereka sangat mengerti artinya kesederhanaan. Generasi X bisa bertahan hidup dalam sebulan dengan biaya yang sangat rendah. Tak hanya itu, generasi X mampu hidup tanpa gadget, suatu hal yang sangat tidak mungkin dilakukan oleh generasi millennial.

Bagi kamu anak millennial yang ingin berhemat, sebaiknya pahami dan aplikasikan beberapa tips diatas. Meskipun kamu hidup di era yang sangat canggih seperti sekarang, namun bukan berarti kamu tak bisa berhemat.

Comments