5 Gedung Pencakar Langit Terbaik

5 Gedung Pencakar Langit Terbaik – Ada 5 negara dengan gedung pencakar langit terbaik pada tahun 2012 ini, seperti yang dinyatakan oleh The Council on Tall Buildings and Urban Habitat. Ke 5 negara tersebut adalah Kanada, Qatar, Australia, Uni Emirat Arab (UEA) dan Italia. Tercatat, sebanyak 88 gedung pencakar langit dengan ketinggian lebih dari 200 meter telah dibangun pada tahun 2011. Jumlah ini jauh berkembang jika dibandingkan pada tahun 2005 dengan total 32 bangunan pencakar langit. Sementara pada tahun ini, tercatat ada 96 gedung tinggi dengan China sebagai penyumbang terbesar. Dari 96 gedung itu, terdapat 5 wilayah yang memiliki gedung pencakar langit yang istimewa, dikutip dari ArchDaily. Berikut ke 5 Gedung Pencakar Langit Terbaik tersebut :

  1. Absolute Towers, Bangunan ini dijuluki “Marilyn Monroe” karena kurva seksinya. Towers Absolute berada pada daerah pinggiran yang tumbuh cepat di Toronto. Para arsitek berusaha untuk menambah sesuatu yang natural dengan desain fitur halus, seperti balkon yang tak terputus yang membungkus setiap lantai bangunan. Menara ini berlokasi di Mississauga, Canada; Tinggi : Tower 1, 179,5 meter; Tower 2, 158 meter; Selesai Pembangunan: Agustus 2012.
  2. 1 Bligh Street, Bangunan berbentuk elips ini terletak di pusat bisnis Sydney menggunakan kemajuan teknologi. Ventilasi yang digunakan natural serta menggunakan bahan gelas dan aluminium. Energi yang digunakan berupa energi matahari dan gas guna menyalakan semua perabot listrik di gedung ini. Lokasi: Sydney, Australia; Tinggi: 135 meter; Selesai Pembangunan: Juli 2011.
  3. Palazzo Lombardia, Gedung ini memiliki atap yang alami dengan bilah vertikal yang memberikan keteduhan. Pusatnya ditutupi kaca lengkung, mengingatkan dengan Galeri yang terkenal di Milan. Lokasi: Milan, Italia; Tinggi: 161 meter; Selesai Pembangunan: Maret 2011.
  4. Doha Tower, Bangunan ini menggunakan corak Islam kuno dengan desain bangunan pengguna cahaya matahari. Konsepnya hampir sama dengan bangunan kantor Mr. Nouvel’s Torre Agbar di Barcelona yang menggunakan beton bertulang. Bentuk bangunan ini silinder yang elegan dan efisien. Dibangun di kota yang tumbuh dengan cepat, Qatar. Lokasi: Doha, Qatar; Tinggi: 238 meter; Selesai Pembangunan: Maret 2012.
  5. Al Bahar Towers / Aedas Architects Ltd, Bangunan ini sangat dinamis, bisa membuka dan menutup sesuai dengan pergerakan matahari, bisa meredam panas matahari hingga 50% sehingga memberikan kenyamanan di lingkungan internal. Arsitekturnya merupakan perpaduan Islam tradisional yang menggunakan kayu dan Islam modern dengan perangkat peredam cahaya matahari dan pembangkit energi surya. Lokasi: Abu Dhabi, UAE; Tinggi: 145 meter; Selesai Pembangunan: Juni 2012.

Bangunan ini dijuluki “Marilyn Monroe” karena kurva seksinya. Towers Absolute berada pada daerah pinggiran yang tumbuh cepat di Toronto.

Para arsitek berusaha untuk menambah sesuatu yang natural dengan desain fitur halus, seperti balkon yang tak terputus yang membungkus setiap lantai bangunan.

Comments